Breaking News

Jumat, 13 Januari 2017

RPP Bahasa Inggris SMK Kelas X Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1

Sekolah                         : SMKN 1 POLEWALI
Mata Pelajaran              : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester             : X Administrasi Perkantoran1 / 2
Alokasi Waktu                : 2 X 45 menit
A.   Kompetensi Inti
3.    Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Keterampilan
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.   Kompetensi Dasar
3.    KD pada KI pengetahuan
3.5. membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan konteks penggunaannya
KD pada KI keterampilan
4.7  Teks pemberitahuan (announcement)
4.7.1   menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)
4.7.2   menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Menuliskan komponen informasi yang masuk kedalam teks announcement.
  2. Menuliskan pembukaan dan penutupan teks dalam teks announcement.
  3. Menemukan informasi dari teks annaouncement.
  4. Menceritakan kembali tentang informasi yang di dapat dari announcement..
  5. Menemukan spesifik informasi dari teks announcement.
  6. Menuliskan teks announcement.
   D. Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran siswa dapat :
  1. Mengenali bentuk-bentuk teks announcement.
  2. Menemukan informasi dari teks announcement
  3. Memahami makna dari teks announcement yang diberikan.
  4. Menuliskan komponen informasi yang masuk kedalam teks announcement.
  5. Menuliskan pembukaan dan penutupan teks dalam teks announcement.
  6. .Menceritakan kembali tentang informasi yang di dapat dari announcement..
  7. Menemukan spesifik informasi dari teks announcement.
  8. Menuliskan teks annaouncement.
 E. Materi pembelajaran
         I.            Jenis jenis announcement dan contohnya.
a.       Jenis-jenis announcement
1.       Pengertian Announcement
Announcement adalah pernyataan (pemberitahuan resmi) dalam bentuk lisan atau tulis yang berisi sesuatu untuk di ketahui oleh semua orang. Namun, tidak semua orang yang mendengar atau membaca pengumuman tersebut berkepentingan atas pengumuman tersebut. Pengumuman dapat kita dengar atau baca dimana saja, misalnya pengumuman lisan disekolah atau di tempat-tempat umum, sedangkan pengumuman tertulis dapat kita baca di papan pengumuman, di majalah, dan di koran.
2.       Jenis Announcement
·         Pengumuman orang hilang
·         Berita Duka
·         Berita pernikahan, ulang tahun, peresmian dan kelahiran
·         Pengumuman Pemenang
·         Lowongan pekerjaan
·         Iklan
·         Laporan kegiatan /acara
·         Pemberitahuan/ himbauan dari pemerintah
3.       Tujuan Announcement
“).
4.       Generic Structure Announcement
1.       Title: .
2.       Explanation: .
3.       Konsep         :
4.       Prinsip          :
    Verb :
Prosedur       :
5.       Bagian-bagian Announcement
6.       Contoh Announcement
  • Pengumuman orang hilang (contoh Missing person announcement)
  • Berita pernikahan (Contoh Announcement Of the wedding) 
  • Berita Duka (contoh Obituaries announcement)

       II.                      F.        Kegiatan Pembelajaran
 a. Kegiatan Pendahuluan
·         Memusatkan perhatian peserta didik dengan mengajukan pertanyaan tentang gambar announcement.
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya : guru bertanya seputar announcement.
·         Siswa menerima informasi manfaat dalam kehidupan mempelajari teks announcement.
·         Guru menjelaskan acuan materi , yaitu tentang teks announcement..
 b. Kegiatan Inti
 Observasi :
·         Siswa menggamati guru yang memberikan contoh gambar announcement.
·         Siswa mengamati gambar dan memahami isi teks announcement.
·         Siswa berupaya menemukan informasi terkait contoh gambar yang diperlihatkan oleh guru.
Questioning :
·         Siswa membuat pertanyaan tentang terkait gambar yang diberikan oleh guru.
·          Siswa bertanya langkah menyusun teks tulis announcement.
·         Siswa bertanya langkah mengungkapkan teks tulis announcement.
·         Siswa bertanya apa saja informasi yang terkandung dalam gambar
·         Siswa bertanya bagaimana cara membuat kalimat-kalimat dalam teks announcement.
·         Guru bertanya tentang pertanyaan yang sudah dipikirkan atau dibuat siswa
 Eksplorasi :
·         Guru membagikan gambar announcement
·         Siswa berlatih mencari tau informasi yang ada dalam teks announcement.
·         Guru memberikan arahan cara menjawab pertanyaan.
·         Siswa mencari jawaban dengan semangat dan jujur.
·         Siswa menemukan informasi dan menyampaikan jawaban.
·         Siswa lain menanggapi jawaban
 Mengasosiasi :
·         Siswa berlatih membuat pengumuman tentang sekolah.
·         Guru membantu dan memberikan penjelasan singkat tentang teks announcement.
·         Siswa berlatih menuliskan teks announcement secara berpasangan
·         Siswa mendiskusikan jawaban bersama
·         Guru memberikan penguatan tentang cara penulisan teks announcement dengan tanda baca yang benar
 Mengkomunikasikan :
·          Guru menunjuk siswa untuk maju ke depan kelas dengan semangat dan santun
·         Siswa menyampaikan hasil teks tulis announcement kepada siswa lain
·         Siswa lain memperhatikan dan memberi pertanyaan terkait teks yang di buat
·         Siswa lain berupaya menemukan informasi dari teks announcement tersebut
·         Siswa memikirkan jawaban
·         Guru memberikan penjelasan dan motivasi.
 c. Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menyampaikan manfaat, menyimpulkan hasil pembelajaran tentang announcement
·         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
G.      Penilaian pembelajaran    
 Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Menuliskan komponen informasi yang masuk kedalam teks announcement.
Tes tertulis
Uraian
Soal uraian   (tertulis )
Menuliskan pembukaan dan penutupan teks dalam teks announcement.
Tes tertulis
Uraian
Soal uraian (tertulis)
Menemukan informasi dari teks annaouncement.
Tes tertulis
Tes
Soal Objective
Menceritakan informasi yang di dapat dari teks announcement.
Unjuk kerja
Keterampilan
Rubrik dan lembar pengamatan unjuk kerja
Menemukan spesifik informasi dari teks annaouncement.
Tes tertulis
Tes
Soal Objective
Menuliskan teks annaouncement
Unjuk kerja
Keterampilan
Rubrik dan lembar pengamatan unjuk kerja

H.      Metode Pembelajaran
Pendekatan     : Scientific learning
Metode            Diskusi dan presentasi
I.         Media          : Gambar/Teks/LCD/ white board
J. Sumber          :
1.                         Get along with English for Vocational school Grade X Novice Level. Page  85 – 91 MATERI : (terlampir)
2.                         Bahasa Inggris kelas X , Kemdikbud




Mengetahui
KepalaSMKN 1 Polewali,

Drs.Mustari, M.Pd.
NIP. 1966123119993031087
Polewali, 7 Juli 2016
Guru Mata Pelajaran,

Sitti hadijah, S.Pd.
NIP. 198007072010012025



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog